headerphoto

Longhorn Bike Park Cidokom Bogor

Rabu, 16 Juni 2010 11:40:57 - oleh : admin

Sumber : By Henry Pangemanan   http://www.goesbike.com/

Satu lagi jalur sepeda khusus atau disebut Longhorn Bike Park, berada di Cidokom Bogor. Ditujukan sebagai tempat pengemar sepeda untuk bermain di area khusus (bike park). Dilengkapi jalur sepeda XC sampai Downhill. Longhorn Bike Park Cidokom baru resmi dibuka pada Agustus 2010 mendatang, tetapi sudah dapat dicoba ketika soft opening oleh komunitas pencinta sepeda pada 12 Juni 2010 lalu. Longhorn Bike Park dimiliki oleh Pak Agus yang ingin membuat bike park untuk sepeda.

Area Longhorn Bike Park di Desa Cidokom awalnya dibuat untuk perkebunan percontohan bagi mahasiswa IPB Bogor. Ide pembuatan Longhorn Bike Park berlanjut setelah salah satu rekan yaitu Pak Chandra ikut menuangkan ide untuk membuat bike park. Pak Chandra sendiri sudah beberapa kali mencoba trek di Eropa dan Amerika. Disana muncul ide membuat area bike park di Indonesia, khususnya area Jawa Barat.

Luas Longhorn Bike Park mencapai 50-60 ha dan dirubah menjadi area lengkap sebagai jalur sepeda. Tantangan pada Longhorn Bike Park bukan dirancang untuk sepeda kelas Cross Country, tetapi meliputi trek untuk sepeda All Mountain, Free Ride sampai Downhill. Semua tipe jalur untuk sepeda disediakan ditempat Longhorn Bike Park

Menunggu dibukanya secara resmi Longhorn Bike Park, taman untuk sepeda tersebut juga menyajikan fasilitas khusus bagi pengunjung. Kedatangan para pesepeda nantinya akan ditangani oleh staf yang bertugas.

Untuk mencapai lokasi ke Longhorn Bike Park:
Ada 2 jalan, bila melalui Semplak Bogor, tepat pada tugu helicopter AU bogor tinggal mengambil jalan di sisi tugu tersebut.
Setelah lewat jembatan diatas kali yang cukup lebar maka kita akan bertemu dengan pasar Ciseeng, langsung belok kanan dan ikuti jalan sampai bertemu Balai Desa Cidokom. Tepat disamping Balai Desa ada jalan tanah berbatu yang langsung ikuti saja  sampai di Basecamp Longhorn Bike Park.

Melalui IPB Dramaga, terus sampai ketemu Pasar Ciseeng, dan ambil/belok kanan arah Bantarkambing. Kurang lebih 300-500 meter ada pertigaan maka belok kiri arah Balai Desa Cidokom dan ikuti jalur terus sama dengan point petunjuk diatas (kalau dari arah Atang Sanjaya). Jarak dari pertigaan Pasar Ciseeng/Bantarkambing sampai ke Basecamp kurang lebih 10 km.

Sebaiknya mengunakan mobil non sedan untuk mencapai Base Camp, karena jalan dari Balai Desa Cidokom sampai ke Basecamp masih berupa batu makadam bercampur tanah merah yang rawan untuk dilewati sedan dan menanjak cukup tinggi. Untuk pembawa kendaaraan jenis lain disarankan parkir di Balai Desa Cidokom dan sepeda dibawa dari Balai Desa sampai ke Base Camp (lebih kurang 2,5 km).

Tengah Pak Agus (owner) dan kanan Pak Doddy dari JDC.

Titik start trek untuk Downhill

Trek dibawah ini perlu melakukan survei, dilihat sebelum mencoba. Mengingat trek yang curam serta turunan tajam, lalu berbelok diturunan.

Tertarik menjadi downhiller. Trek khusus untuk sepeda AM atau Downhill. Memiliki 3 jalur melompat berbeda pada ujung trek, atau 1 trek sebelumnya terdapat memotong ke jalur normal.

Jalur Freeride.

kirim ke teman | versi cetak