headerphoto

Gowel Bogor, Komunitas yang Mengkampanyekan Hidup Sehat (2-Habis)

Minggu, 10 April 2011 22:55:23 - oleh : admin


 
Sabtu, 09 April 2011 , 12:10:00

 
JALAN-JALAN: Pamela Cardinale, salah seorang anggota Gowes Bogor asyik bersepeda di salah satu sudut Kota Singapura.
Bersepeda dengan jarak dekat sudah biasa, tapi bagaimana kalau bersepeda dengan jarak jauh apalagi sampai ke luar kota bahkan ke luar negeri. Ya, meski dianggap sebagai hal tak wajar, kebiasaan touring dengan sepeda sudah menjadi tradisi para anggota Gowel Bogor.
Laporan: Anjar Leo Hidayah

RASA lelah dan pegal karena bersepeda, sering dijadikan alasan bagi sebagian besar masyarakat menggunakan alat transportasi itu. Namun, hal tersebut justru menjadi kesenangan bagi para anggota Gowes Bogor atau yang lebih dikenal dengan Bike To Work Bogor.


Bahkan, tak jarang mereka mengadakan
touring dengan jarak ratusan kilometer setiap hari libur. Biasanya, agenda touring ini diadakan untuk menyambangi komunitas Bike To Work di kota lain. Seperti yang dilakukan para pecinta sepeda asal Bogor ini beberapa waktu lalu. Mereka menyambangi komunitas sehobi di Kota Bandung. Setelah itu melanjutkan perjalanan hingga ke Tangkubanperahu.

Bukan hanya para anggota pria, wanita dan anak-anak juga ikut meramaikan konvoi ini.


Untuk menjaga rombongan sepanjang perjalanan, mereka bersepeda menyesuaikan dengan kemampuan anggota lain. Terlebih, setiap melakukan perjalanan mereka tak pernah mematok waktu tempuh. “Jadi santai saja bersepeda gak harus terburu-buru,” ujar Ketua Bike To Work Bogor, Ramadhani Achdiawan.


Bukan hanya itu, para duta penyelamatan bumi dengan bersepeda ini, mengaku, tak bisa lepas dari sepeda. Karena itu, setiap liburan mereka selalu menghabiskan waktu dengan bersepeda. Bahkan, jika mereka berlibur ke luar kota, sepeda menjadi salah satu
list barang bawaan yang wajib ada.

Seperti halnya Dhani, tidak hanya liburan di tanah air, saat ke Singapura bersama keluarganya pun, ia tetap membawa sepeda. Menurut Dhani, selain melampiaskan hobinya, dengan bersepeda ia bisa menghemat uang cukup banyak, karena tak perlu menyawa alat transportasi.


Kebiasaan ini, sekarang sudah menjadi hal sangat wajar di komunitas Gowel Bogor. Meski lebih senang bersepeda jarak jauh, mereka kerap melampiaskan hobi untuk sekadar bersama-sama keliling kota hujan.


“Tidak tahu siapa yang mengagendakan. Karena sama-sama senang bersepeda, kita jadi sering kumpul bareng. Paling enak kalau sudah kumpul diakhiri dengan makan,” celetuk Dhani.(*)

Sumber : Radar Bogor

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Artikel" Lainnya