headerphoto

"Sukamantri The Rock Hill"

Senin, 2 Agustus 2010 22:21:47 - oleh : admin

"Sukamantri The Rock Hill"

Penulis : Malik

 

track sukamantri

 

     Sukamantri adalah tempat wisata yang berada di Bogor dengan ketinggian sekitar 700 m di atas permukaan laut, sangat berbeda dengan track track sepeda lain yang biasanya sering kita lalui, pada biasanya track track offroad adalah bermedan tanah tapi sukamantri bermedan bebatuan yang dapat di kategorikan trek yang cukup berat karena memiliki ketinggian yang cukup tinggi dan jalan offroad bebatuan sepanjang jalan. Seperti truk bangunan yang membawa bebatuan di belakangnya, bertumpukan dan sulit di daki, demikian pun sama dengan sukamantri, di perlukan ban yang cukup handal seperti maxxis crossmark, maxxis ignitor, maxxis medusa, ataupun kenda small block atau nevegal yang memiliki kekuatan mencengkram atau menempel di bebatuan tersebut.. Namun jika tidak maka anda akan sulit sekali untuk mendakinya karena ban sepeda anda akan terperosok ke kiri, kanan, atau kembali ke belakang.

     Tidak di anjurkan untuk ke jalur sukamantri ini saat hujan, di karenakan ini daerah gunung dan banyak bebatuan yang menyerap dingin, maka tubuh anda akan serasa membeku dan kaku untuk di gerakan, sehingga handling anda akan sangat tidak terkontrol.

     Dan tidak di anjurkan juga anda untuk bersepeda terlalu siang, karena akan sangat panas saat di medan pertama tama, dan tentunya di saat yang panas jangan memompa ban anda terlalu kuat, di karenakan udara di dalam ban anda akan memuai dan memungkinkan untuk meledak, demikian juga ban anda jangan terlalu kurang angin karena batu batu disini dapat mengakibatkan "snake bite" atau kejadian dimana ban anda akan terjepit diantara 2 batu tajam dan bocor saat itu juga, sudah banyak sekali korban ban pecah atau bocor, rantai putus, bahkan rim rusak.

jalur sukamantri BNR      Jalan untuk memasuki sukamantri dapat anda lewati Bogor Nirwana Residence. Jangankan sepeda, bahkan mobil dan jeep pun sulit memasuki kawasan ini.

     Sukamantri berjarak tidak terlalu jauh, namun jika anda tidak dapat menjaga stamina anda denganbaik, maka anda tidak akan dapat mendakinya dengan mudah..Permulaan trek ini di tandai dengan adanya warung dan pabrik di sebelah kiri anda, dan disinilah anda akan memulai untuk menanjak terjal, untuk pertama mulai mungkin anda akan merasa

kuat kuat saja bahkan merasa ringan karena merasa ini adalah trek ringan, tetap saya anjurkan anda untuk bersabar dulu dan mengontrol kecepatanya disini,dan setelah beberapa menit lihat lah kedepan maka anda akan melihat tanjakan yang dekat dengan pos dan rumah penduduk tanjakan ini lumayan walaupun pendek, jangan terburu buru untuk melewatinya, karena jalan rusak dan batu besar ini akan membuat anda terpeleset jika terlalu buru buru.

 track sukamantri   Pada selanjutnya anda dapat melalui jalan dengan lumayan ringan kembali, dan siap siap lah untuk menjaga stamina kembali, lihat lah di depan dan disinilah anda harus berhati hati jika gowes dalam waktu yang terlalu siang... Karena batu batu yang cukup besar ini dapat menyerap panas serta anda tidak di teduhi satu pohon pun disini, hingga anda akan merasa di jemur sepanas panasnya disini.. Bersabarlah untuk di bagian ini, karena bagian ini cukup panjang setelah ada belokan ke kanan maka anda akan menemukan tanjakan yang hampir serupa, kembali untuk menjaga stamina anda disini.. karena pit stop selanjutnya adalah warung tutup yang masih di depan.. Jika anda mendengar suara suara aneh, jangan khawatir biasanya ini bunyi talang air yang berada di sebelah truk.. Dan maklum jika anda mencium bau kentut atau bunyi hewan hewan asing, karena di daerah ini selain sigung, kodok, lebah, bahkan burung kolibri pun masih banyak disini.

    Kembali saya katakan hati hati disini karena ban anda bisa terperosok jika anda terlalu banyak mengeluarkan tenaga penuh. Selesai tanjakan ini anda dapat beristirahat di warung tutup ini dan dapat membeli berapa ransum makanan untuk keatas di warung ini jika sedang buka.. di anjurkan untuk menjaga hubungan kepada penduduk di sekitar trek ini, berbagilah jalan dengan truk pasir yang kadang melewati trek ini, bersikap sopan pada mereka, jangan merokok sembarangan apalagi buang sampah sembarangan.. Mereka memang terkesan ramah, tapi sangat benci dengan pengunjung yang berbuat semena mena seperti merokok dan buang sampah sembarangan.. Banyak banyak lah tarik nafas panjang, karena ini daerah yang cukup teduh, dan bersiap lah untuk menggunakan kekuatan anda untuk jalan selanjutnya, tidak di anjurkan membawa barang berat dan di atas anda akan bertemu warung kembali.

track sukamantri     Bagi pemakai cleat di sarankan untuk tidak mensetting cleatnya terlalu kencang, untuk bersiap siap jika anda berkemungkinan jatuh... Tanjakan yang cukup terjal dan penuh bebatuan ini tidak akan bisa di lalui jika anda menanjak dengan posisi berdiri.. Ban belakang atau depan anda bisa saja terperosok kebelakang... Untuk melewati bebatuan ini, cobalah pakai gigi crank pertama dan gigi sprocket sekitar ketiga atau kedua, daki lah perlahan lahan, jangan memberi hentakan pada bebatuan tersebut, hindari lah drop off yang terlalu tinggi, terus maju kedepan dan anda akan menemukan jalan yang lebih baik disini, pakailah kesempatan ini untuk menarik nafas dan melemaskan tubuh anda yang telah lelah... Pada selanjutnya anda akan melalui medan yang berbeda disini anda akan melewatin batu yang cukup rapat dan menempel pada tanah, tidak seperti bebatuan sebelumnya yang dapat membuat anda terperosok, batu batuan ini lebih kuat, namun lebih tajam dan licin karena di tumbuhi rumput..

 

Sebelum itu semua, ada gerbang yang di tutup, maka lewati lah gerbang itu melalui sebelah kanannya. Bebatuan ini akan lebih mudah di hadapi ketika kering, namun karena ukurannya cukup besar besar, dan membuat anda terguncang guncang, di sarankan anda melewati jalur yang tidak terlalu ekstrim... Dan di tengah jalur ini ada batu besar yang polos, tidak di anjurkan untuk menaikinya jika anda memakai ban seperti maxxis larsen tt atau ban yang tidak terlalu kasar karena dapat membuat ban anda tergelincir.. Mungkin anda akan merasa penderitaan disini tidak ada habisnya...

track sukamantri     Tapi tenang, anda lihat kedepan sebelah kiri, ada hutan yang akan kita masuki nanti daerah selanjutnya akan melewati gerbang bertulisan kujang rider, dan ada papan bertulisan 1 km lagi tetapi lebih baik tidak di baca karena hanya membuat anda menjadi lebih capek.. Memasuki kujang rider ini anda akan merasa lebih adem dan sejuk.. Dan disini bebatuanya akan di tambahi bumbu yaitu dedaunan pinus.. Disini anda akan lebih nyaman, tapi disini anda akan melewati sekitar  7 kelokan yang lumayan lama, dan kesejukan disini akan membuat anda kedinginan dan keringat dingin, jika anda membawa coklat ataupun bengbeng, makan lah disini untuk mengganti kalori anda yang hilang. Yang perlu di lakukan disini adakah bersabar dan lebih memanage stamina anda... Teruslah lewati jalur ini sampai paling atas, dan anda akan menemukan tempat finish wisata sukamantri.. Anda perlu membayar tiket masuk seharga 7500 Dan dapat istirahat disini karena banyak warung dan pemandangan tebing yang luarbiasa...

track sukman jalur sukamantri

jalur sukamantri

     Untuk menuruni trek ini, jangan terlalu cepat dan jangan mensetting gigi anda menjadi gigi pertama.. Tapi settinglah menjadi gigi kedua.. karena rantai anda akan terguncang dengan hebat, jika memakai crank paling kecil, rantai anda akan macet, jika memakai crank paling besar, rantai dapat putus.. Seperti yang saya katakan tadi, tekanan tidak boleh lemah karena dapat mengakibatkan ban bocor atau snake bite.

Silahkan menikmati, ajak teman anda untuk menikmati kepuasan perjuangan anda untuk melewati trek ini bersama teman anda, stop global warming, keep clean and safe

Gowel bogor
Zoromalik

kirim ke teman | versi cetak

Berita "FIELD REPORT" Lainnya