headerphoto

Mengenal Hirarki Komponen Groupset Sepeda

Jum`at, 30 April 2010 16:59:05 - oleh : admin

Membuat sepeda modern kerap dihubungkan dengan kata “groupset”, atau diplesetkan pengucapannya jadi " grupset " , yakni gabungan komponen sepeda yg dipakai untuk di area pengereman, area gigi transmisi, dan area yg berputar (di roda dan di tuas kaki pedal).  Komponen sepeda genjot ini dijual pretelan atau dalam bentuk fullbike disemua toko sepeda.

Siapapun yg berminat akan membuat sepeda atau memiliki sepeda, ada baiknya memahami groupset berserta tingkatan hirarki nya. Disinilah akan ditentukan kualitas mutu dan harga, serta kenyamanan bersepeda.  

Secara garis besar groupset dibagi untuk kepentingan dua kelompok pesepeda, yakni: sepeda road race (sepeda balap dengan

stang melengkung mirip tanduk itu), dan groupset bagi sepeda gunung .

Brand populer yg merajalela disini untuk kepentingan dua kelompok pesepeda itu adl : Shimano, dan SRAM (satu atap dengan brand AVID dan Truvativ).


Ditanah air sendiri, komponen dengan brand Shimano diyakini paling banyak dipakai oleh  penggemar sepeda karena rentang jenis dan harganya sangat lebar. Pembeli bisa menyesuaikan dengan ukuran kantong masing masing. Jika punya uang banyak, bisa pakai komponen groupset papan atas, sedangkan jika mau kelas menengah juga ada, dan apabila hanya pengen sepeda untuk muter muter di kompleks rumah maka cukup dengan komponen murah.
 

Sepeda MTB, DJ, Freeride, commuter (dalam kota).
Hirarki atau tingkatan groupset sepeda kelas ini  dengan brand Shimano diantaranya (berurutan, paling atas adalah paling bagus dan paling mahal harganya), yakni:

XTR
Deore XT
Deore LX

Deore  -----  entry level kelas pro

Alivio
Acera

Altus
104
106
108
Tourney
110

** Shimano mengeluarkan series khusus untuk sepeda DJ dan DH yakni dengan label Saint dan Hone. 


Sepeda Road Race mempunyai hirarki komponen groupset brand Shimano antara lain :

Dura Ace
Ultegra
105 -----  entry level kelas pro
Tiagra

Sora
2200

A 050

 

Lalu untuk brand SRAM, tersedia komponen dengan hirarki sbb:

X0
X9

X7
X5

SX 4

3.0

  

Seperti dikatakan diawal, bahwa komponen groupset ini mempunyai rentang tipe yg panjang, karena itu harganyapun juga beragam.  Ada beberapa pesepeda  yg mencampurkan komponen groupset dengan tujuan agar harganya lebih miring, tapi kinerja “smoothness” nya tetap optimal.

Caranya yakni dengan memasang komponen bagus (entry level kelas pro misal Deore) dengan mid level dalam satu sepeda. Komponen yg harus bekerja ekstra keras dikasih yg bagus, yakni untuk rear derailleur (RD) dan brake system . Sisanya bisa dikasih komponen yg lebih murah.  Secara konkret, contoh saja, sepeda MTB untuk commuter (didalam kota) cukup pakai groupset ACERA atau Altus, lalu RD nya diganti dengan tipe Deore yg merupakan komponen entry level bagi kelas pro bikers. Cara ini lebih hemat dan tetap menjanjikan kinerja bagus , dibanding harus beli groupset sejenis dalam satu sepeda yg malahan lebih mahal atau malahan tidak bekerja optimal. 

Sumber : ***hsgautama.multiply.com

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Artikel" Lainnya